PENGGUNA BARU PASTI MENANG DAFTAR SEKARANG

SITUS OJO RUNGKAD

7 Karya Bangsa china atau ‘Sang Naga’ untuk Dunia

9 Karya ‘Sang Naga’ untuk Dunia(listverse.com)

Teknologi dan industri berkembang pesat di China beberapa tahun terakhir. Memasuki ‘Tahun Naga Air’ pada 2012 ini, perkembangan dua sektor tersebut diprediksi akan semakin pesat di China. Tapi tahukah Anda, China memiliki sejarah penemuan teknologi penting bagi dunia? Berikut beberapa di antaranya seperti dilansir Listverse.com.

1. Penanaman berbaris


Teknik ini mulai dipakai para petani di China sejak abad ke-6 sebelum masehi (SM). Cara ini memungkinkan tanaman untuk tumbuh lebih cepat dan kuat. Penanaman dengan cara ini terbukti lebih efisien saat penyiraman, penyiangan dan panen. Salah satu dokumentasinya termuat dalam ‘Jurnal Tahunan Musim Semi dan Gugur’ yang ditulis Guru Lu sekitar abad ke-240 SM.

2. Kompas


Orang China membuat kompas dari batu magnet sekitar abad keempat sebelum masehi. Selain sebagai petunjuk arah, kompas juga digunakan untuk meramal. Uniknya kompas tersebut justru menujuk ke arah selatan. Kompas modern yang ada saat ini diciptakan oleh William Gilbert pada 1600.
3. Bajak besi


Pertanian di China berkembang pesat sejak penemuan bajak yang terbuat dari besi cetak. Alat ini cukup populer di masa Dinasti Han, meski diperkirakan telah ada sejak abad keempat sebelum masehi. Teknologi ini mulai diadopsi di Inggris dan Belanda sekitar abad 17.

4. Teknologi pengeboran


Teknologi ini mulai diterapkan di China sejak abad pertama sebelum masehi. Meski terlihat sederhana, teknologi tersebut memungkinkan pengeboran hingga kedalaman 1,5 km di bawah tanah dan merupakan ‘prestasi’ tersendiri dalam dunia pertambangan kala itu. Di Amerika Serikat, teknologi bor semacam itu digunakan mulai 1820 di West Virginia.

5. Porselen


Produk ini merupakan salah satu ciri khas China. Terbuat dari keramik khusus dengan pemanasan bersuhu ekstrim. Diciptakan pertama kali pada masa Dinasti Sui dan disempurnakan pada Dinasti Tang (618-906). Salah satu ahlinya adalah Tao-Yue yang menggunakan ‘tanah liat putih’ yang diambil dari Sungai Yangtze.

6. Teknologi cetak


Kertas pertama kali ditemukan di China oleh Cai Lun (50-121 AD). Buku cetak pertama kali dibuat pada 868. Sekitar 100 tahun kemudian, Bi Sheng (990-1051) menciptakan cetakan huruf dan karakter dengan tanah liat. Teknologi tersebut disempurnakan pada 1298. Teknologi cetak modern ditemukan oleh Gutenberg pada 1450.

7. Tisu toilet
Dinasti Sui diketahui telah menggunakan kertas higienis sejak 589. Produksinya mencapai 720.000 lembar per tahun. Tisu toilet komersial pertama kali hadir pada 1857.

Bonus:
8. Bor benih
Alat penanam benih ini mulai digunakan sekitar abad kedua sebelum masehi. Alat ini mampu menanam benih, sekaligus menutupnya dengan tanah. Di Eropa alat sejenis dengan teknologi lebih canggih dipatenkan pada 1566 oleh Camillo Torello.

9. Kemudi kapal

(listverse.com)

Angkatan laut China menggunakan teknologi kemudi kapal pada 
abad pertama dengan bahan tembikar. Di Eropa teknologi kemudi kapal yang lebih canggih digunakan pada 1180.




Previous
Next Post »