PENGGUNA BARU PASTI MENANG DAFTAR SEKARANG

SITUS OJO RUNGKAD

7 Pemandangan Menakjubkan Diluar Angkasa yang Jarang Terjadi

1. Lidah Matahari
Badai matahari, yang efeknya bisa dirasakan sampai ke bumi, mempunyai penampakan yang menakjubkan. Sebuah bola besar yang menyala dengan warna orange kemerahan, menyemburkan lidah api yang sangat tinggi ke angkasa.

Lidah Matahari

Badai ini terjadi pada 29 September 2008 dan menyebabkan tingginya tingkat radiasi ultra violet di bumi. Badai matahari adalah pancaran gelombang elektromagnetik terkait dengan lontaran massa korona yang sanggup melemparkan partikel berenergi dari matahari ke antariksa.

2. Nebula Kotak
Merupakan awan antar bintang yang terdiri dari debu, gas dan plasma dengan kerapatan rendah, jauh lebih rendah daripada kerapatan air. Hanya saja, karena dilihat dari jauh, maka tampak seperti gumpakan.


Nebula Kotak

Ada beberapa teori mengenai bentuk awan Nebula, ada yang menyatakan kalau bentuknya silinder, namun juga ada yang berhasil memotret Nebula saat berbentuk kotak dengan dalaman silinder.

3. Cincin Saturnus
Siapa yang tidak tahu cincin Saturnus? Namun pernahkah melihat bahwa ternyata cincin Saturnus saat dilihat dari sudut yang tepat ternyata sangat menakjubkan.


Cincin Saturnus

Lihat saja gambar di atas, foto ini berhasil ditangkap oleh pesawat ruang angkasa Cassini pada tahun 2006. Cassini tengah melintas di belakang cincin gas raksasa tersebut pada saat menjalankan misi ke-9 nya. Sebuah pemandangan yang luar biasa.

4. Eta Carinae
Merupakan sistem bintang di konstelasi Carina, jaraknya sekitar 7.500 hingga 8.000 tahun cahaya matahari. Sistem ini mengandung setidaknya dua bintang, salah satunya adalah variabel bintang bercahaya biru.


Eta Carinae

Sebenarnya kombinasi luminositas dapat menghasilkan empat kali milik matahari dan memiliki massa 100 kali massa matahari.

5. Pasir Mars
Atmosfer di Mars sangat tipis sehingga benda cair cepat membeku dan cepat pula menguap di sana. Namun kencangnya hembusan angin di Mars membuat bukit pasir besar tampak mengalir dan terkadang tampak menetes seperti cairan.


Pasir Mars

Foto di atas merupakan saat dimana musim berubah di Mars, dari musim semi ke musim panas. Kuatnya hembusan angin membuat pasir seolah-olah seperti air yang menetes.

6. Bulan Terpotong
Ini adalah gerhana bulan sebagian yang tertangkap kamera di Pakistan. Bulan purnama yang begitu besar, 'terpotong' sebagian dengan bentuk yang sungguh menakjubkan.


Bulan Terpotong

Foto Bulan Terpotong ini diambil pada 22 Juli 2009 yang lalu. Dan hasilnya terciptalah sebuah pemandangan yang sangat indah.

7. Lautan Bintang
NGC 290 adalah ruang terbuka di Small Magellanic Cloud yang terletak di konstelasi Tucana. Ruang ini diabadikan dengan menggunakan teleskop ruang angkasa Hubble .


Lautan Bintang

Ruang terbuka dalam rasi bintang ini terdiri dari beberapa bintang muda, dan lebih banyak bintang biru daripada bintang merah. Seperti lukisan yang terpapar di jagatraya, indah bukan :) 

Previous
Next Post »